mari waras | sembuh sehat

Bayam, Baik atau Buruk

Believe It or Not.

BAYAM mengandung zat besi = Fe2+ (ferro). Kalau terlalu lama kontak dengan O2 (oksigen), Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah FERRO. Sedangkan FERRI bersifat TOKSIN (racun) pada BAYAM. JADI… Kalau bayam dipanasi, akan terjadi oksidasi tersebut.

Dahulu ibu selalu melarang memanasi SAYUR BAYAM. Beliau sih tidak bisa menjelaskan secara ilmiah tetapi selalu bilang “SAYUR BAYAM” kalau habis dimakan, jangan dipanasi lagi!

Jangan pernah mengonsumsi BAYAM lebih dari 5 jam. Soalnya, selain mengandung zat yang disebutkan tadi itu, BAYAM juga mengandung zat nitrat (NO3). Kalau teroksidasi dengan udara maka akan menjadi NO2 (nitrit). Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bersifat racun bagi tubuh manusia.

Menurut John S Wishnok, BAYAM segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila BAYAM disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg/kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7 %).

Efek toksin (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh nitrit bermula dari reaksi oksidasi nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah, tepatnya di dalam hemoglobin.

Sekilas info bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh.

Ikatan nitrit dengan hemoglobin, disebut methemoglobin, mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15 % dari total hemoglobin, maka akan terjadi keadaan yang disebut sianosis yaitu suatu keadaan di mana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen.

_____

(Penulis tidak diketahui | info dari surat elektronik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: