mari waras | sembuh sehat

Lemak Ikan untuk Cegah Sakit Jantung dan Stroke.

Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang berkembang pesat di negara maju dan berkembang, termasuk di Indonesia. Kedua penyakit ini tergolong penyakit mematikan, karena dalam beberapa tahun terakhir, tingkat kematian penduduk terbesar disebabkan oleh penyakit jantung dan stroke.

Penyakit ini pun kini tak hanya identik dengan orang tua. Banyak dari golongan muda yang kini terkena penyakit jantung dan stroke. Penyebab penyakit ini cukup beragam. Namun, pemicu yang paling berperan adalah, kebiasaan menjalankan pola hidup tak sehat.

Penyakit jantung dan stroke sebenarnya bisa dihindari sejak dini, yaitu dengan menerapkan pola makan sehat. Salah satunya adalah dengan banyak mengonsumsiasam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 banyak terdapat pada ikan seperti salmon dan tuna.

Sebuah studi yang dilakukan di Denmark menyebutkan bahwa, mereka yang rajin mengonsumsi lemak ikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke sebanyak 50% daripada yang tidak mengonsumsi. Lebih parah lagi, mereka yang tidak pernah mengonsumsi ikan, memiliki kebiasaan merokok, dan jarang berolahraga, merupakan faktor risiko tertinggi terserang penyakit jantung dan stroke.

Ikan juga mengandung nutrisi lain seperti selenium. Selenium merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan untuk meredam aktivitas radikal bebas. Selenium tidak diproduksi oleh tubuh, tetapi diperoleh dari konsumsi makanan sehari-hari.

Kandungan Omega-3 pada ikan berguna untuk penurunan tekanan darah. Selain itu, Omega-3 juga berguna untuk memperbaiki profil lemak darah dengan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, senyawa-senyawa yang juga meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Efek unik Omega-3 lainnya adalah menaikkan kolesterol HDL sehingga membantu mengurangi dan mencegah timbunan plak pada pembuluh arteri jantung. Suatu penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 2 porsi ikan setiap harinya dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung koroner sebesar 40%.

Mengatur pola makan, menurunkan berat badan dan melakukan olah raga yang teratur merupakan langkah awal untuk menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, jika Anda merokok, cobalah untuk berhenti. Gantilah kebiasaan merokok dengan kebiasaan sehat seperti berolahraga, karena kebiasaan ini memungkinkan tubuh tetap aktif bergerak dan menjaga peredaran darah tetap lancar.

Dan jangan lupa, perbanyak makan ikan.

_____

(Penulis tidak diketahui | info dari surat elektronik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: