Kesalahan-Kesalahan Penderita Maag

Sakit Maag is a Silent Killer.

Si Pembunuh diam-diam dan Pencabut nyawa yang kita anggap enteng.

Saya juga mempunyai Sakit Maag karena golongan darah saya O yang tingkat keasamannya tinggi. Penderita sakit maag terbanyak adalah golongan darah O. Golongan darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi vegetarian.

 

Salah satu kesalahan terbesar para penderita maag adalah:

MINUM OBAT MAAG DENGAN AIR!!!

Jika Anda perhatikan dengan baik, pada kemasan obat maag (yang Tablet atau Bubuk, bukan yang Liquid), selalu tertulis: OBAT KUNYAH bukan OBAT MINUM

Karena itu, paling tidak Satu jam SEBELUM dan SESUDAH mengkonsumsi obat Maag, Anda Tidak Boleh Makan dan Minum APA PUN supaya obat tersebut bisa bekerja dengan baik. Jika Anda mengonsumsi obat maag dengan menelannya pake air putih, maka obat itu jadi TIDAK BERGUNA. Cuma ikut larut dalam air dan malah menyebabkan mencret.

Kalau tidak tahan dengan obat kunyah (Promag), bisa coba obat bubuk (Waisan) yang rasanya manis kaya permen apple peppermint, atau yang liquid seperti Mylanta.

Yang penting, Satu jam SEBELUM dan SESUDAH makan obat maag, jangan makan dan minum APA PUN.

 

Kesalahan berikutnya adalah:

MENUNDA-NUNDA MAKAN OBAT MAAG

Banyak penderita maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada obat. Mereka pikir asam dalam lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis, atau akan hilang dengan berlalunya waktu, dan sebagainya. Itu pemikiran yang keliru.

Asam lambung bersifat KOROSIF yang membantu proses cerna. Tapi sangat merusak jika berlebih dan jika dibiarkan berlarut-larut maka Lambungmu pasti Hancur, bahkan bisa menyerang organ lain seperti Liver misalnya. Oleh karena itu saat maag mulai menyerang, maka JANGAN TUNDA! Segera konsumsi obat maag secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal lebih parah, seperti inflamasi/peradangan, infeksi lambung, dan sebagainya.

 

Kesalahan ketiga, adalah:

TIDAK SADAR PENYEBABNYA

Banyak penderita maag berpikir bahwa sakit maag itu disebabkan karena TELAT MAKAN, MINUM KOPI, MAKAN ASAM, PEDAS, BERAS KETAN, atau BERSANTAN, dan sebagainya. Bukan! Penyebab utamanya bukan itu. Telat makan, kopi, asam dan pedas, ketan dan santan, dan sebagainya itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru:

STRES dan KURANG GERAK

STRES menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung. Konsentrasi asam lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat stres dibanding saat telat makan.

Kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Misalnya abis makan langsung tidur-tiduran, akan membuat usus tidak mencerna dengan baik, akibatnya bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses cerna sebelumnya.

 

Kesalahan yang lain adalah:

KONSUMSI YANG KELIRU

Banyak mereka yang sakit maag mengira bahwa konsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. SALAH BESAR! Konsumsi daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit maag karena daging lebih lama proses cernanya daripada sayur atau buah sehingga asam lambung bekerja maksimal menghancurkan daging yang Anda makan, bukan menghancurkan tubuh Anda.

 

Kesalahan lainnya yang kurang diperhatikan adalah:

SAKIT MAAG KARENA BAKTERI HELICOBACTERPYLORI

Ada salah satu penyebab sakit maag yang disebabkan karena serangan bakteri, jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus.

Kalau tidak percaya, Anda coba tes sendiri, tidak usah sikat gigi sebelum tidur, maka besoknya jika sakit maag Anda kambuh maka kemungkinan sakit maag Anda disebabkan oleh bakteri helicobacterpylori yang sebenarnya bakteri yang penting juga untuk proses cerna dan umumnya bersarang di mulut, tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi dan kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan tukak lambung.

Kalau yang jenis ini, obatnya gampang. Rajin-rajinlah sikat gigi sebelum tidur, bangun tidur, dan setelah makan.

 

Oh iya … Sakit Maag itu TIDAK BISA SEMBUH SEUMUR HIDUP! Karena sebenarnya itu bukan penyakit, tapi sudah mekanisme alami tubuh. Seperti Anda makan terus diproses dan dibuang oleh anus ke jamban. Kebelet beol itu natural. Demikian pula Asam Lambung itu wajar bahkan berperan penting bagi proses cerna.

Karena itu, biasanya sesekali tetap akan muncul tukak lambung tersebut. Yang penting adalah menjaganya untuk tidak berlebih dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah.

Asam lambung itu normal dan penting bagi proses cerna dalam tubuh. Tapi jika berlebih dan tidak dikelola dengan baik bisa melumpuhkan aktivitasmu, bahkan membunuhmu.

_______

(Penulis tidak diketahui | info dari surat elektronik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s