Usia 45 Tahun ke Atas

Usia 45 ke atas sebaiknya sudah tidak usah fokus memburu kuliner … per-banyak rekreasi saja

Ini pesan Prof. Dr. dr. Bhenny Karim, SpPD-Kr. (Guru Besar FK UGM)

Untuk saudara-saudaraku yang telah ber-usia 45 tahun ke atas, lebih disiplin jaga kesehatan

Proses penuaan (aging), sudah mulai sejak usia 32 tahun, dengan mulainya penurunan fungsi organ-organ (seperti ginjal, lever, anak ginjal, hypophyse, dan sebagainya) dan penurunan hormon-hormon (seperti testosteron, growth hormon, coenzym Q10, melatonin, dan antioxydan).

Pada wanita usia 45 tahun mulai penurunan estrogen. pada pria penurunan hormon progesteron dan testosteron.

Penuaan adalah suatu penyakit yang berlangsung kronis yang sebenarnya tidak dapat dicegah, diobati dan dikembalikan menjadi muda.

Penuaan bukanlah hukuman, tetapi akibat titah dari gen.

Beberapa penyakit yang muncul akibat proses penuaan, adalah:

  1. Osteoporosis.
  2. Metabolik syndrome, dengan akibat penyakit cardiovasculer (seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan hypertensi renal).
  3. Cancer (seperti payudara, colorectal/usus, prostat, ovarium).
  4. Alzeimer (pikun).
  5. SD (sexual dysfunction).

Apa saja yang harus dilakukan?

  1. Bergerak
    • Jalan kaki 3 s/d 5 km/hari) dapat mencegah osteoporosis (rapuh tulang) dan hypertensi.
  1. Senam olah napas
    • Seperti pranayama, orhiba, cikung, yoga, dsb 2x / minggu.
    • Paru-paru perlu latihan deep breathing/maximal breathing, untuk meningkatkan aliran darah di alveoli, menguras CO2.
  1. Kurangi karbohidrat
    • Cukup protein, buah, dan sayur.
  1. Jaga berat badan
    • Bobot ideal pria (tinggi badan dikurangi 100), wanita (tinggi badan dikurangi 110).
    • Lingkaran perut tak boleh lebih 80 cm untuk wanita, 90 cm untuk pria.
    • BMI tak boleh lebih 30 kg/m2.
  1. Tekanan darah tidak boleh lebih 140/90
    • Cek tensi tiap minggu.
  1. Kadar gula darah puasa tidak boleh lebih 110, trigliserida 150, HDL harus lebih 50.
    • Jadi cek darah maks. tiap 6 bulan.
  1. Wanita mammografi dan pap smear setiap 1 tahun.
    • Deteksi dini kanker serviks dan payudara.
  1. Istirahat cukup
    • Tidur 6 jam sebisanya mulai jam 10 malam, lampu mati (merangsang growth hormon).
    • Jangan makan 3 jam sebelum tidur (mencegah gert, mencegah sesak).
    • Bantal pendek (meningkatkan oksigenasi otak).
    • Miring ke kanan (mengurangi beban jantung).
  1. Kurangi stres
    • Jangan bekerja di luar kapasitas/kemampuan.
    • Perbanyak rasa syukur, doa, atau meditasi.
    • Senantiasa perbaiki kualitas ibadah, iman, sosial, dan hiburan yang positif.
    • Perbanyak saat kumpul-kumpul, ngobrol-ngobrol santai, canda ria, silaturahim, atau berkumpul dengan keluarga dan sahabat juga teman-teman.
    • Tidak boleh marah-marah atau emosional, buang jauh-jauh hal-hal yang berpotensi membuat sedih/kasus (hukum/permusuhan), bahkan hadapilah segala hal dengan senyum bahagia
    • Lebih bijaksana dalam penggunaan harta (hemat masihh baik namun buang jauh-jauh pelit) jangan kelewat perhitungan terutama dengan orang-orang dekat kita,

#sharemanfaat #bagikankebaikan 🙂 🙏

_______
@grupWA, 14122017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s