Angin Duduk

Berikut ini adalah mengenai angin duduk yang kami ambil dari diskusi di sebuah grup Telegram mengenai penyebab angin duduk dan pengobatannya, semoga bermanfaat dan yang bersangkutan tidak berkeberatan tulisannya ditampilkan di sini.

Kang Asep:
… soal “mandi pagi setelah bergadang”, saya meyakini kebenarannya. Sebab beberapa kasus telah saya temukan orang sulit bernapas setelah bergadang dan mandi pagi, bahkan itu pernah pula terjadi pada saya, dalam kondisi itu, bergerak dan bernapas terasa sakit, kondisinya seperti “di ambang kematian”. Jadi, saya sarankan kepada siapa saja, jangan mandi setelah bergadang. Jika memang harus mandi, gunakan air hangat dan perbanyak minum air hangat.

Mandi pagi setelah bergadang memicu terjadinya “angin duduk”.

Memang banyak yang tidak tahu akan hal ini, dan lebih parahnya lagi, banyak yang tidak tahu, ketika terserang angin duduk, pasien tidak boleh banyak bergerak. Jika hendak diangkat tubuhnya, harus diangkat pelan-pelan. Gerakan yang kasar dan tiba-tiba dapat membuat jantung langsung berhenti. Jika kita melihat orang terkena serangan “angin duduk”, maka cari bagian yang menurut dia terasa sakit, lalu olesi dengan minyak angin seperti freshcare. Pasien harus dibuat rileks. Ketegangan membuat kondisi semakin parah. Angin duduk itu sebenarnya gejala serangan jantung akibat dua faktor “pembekuan darah” dan “ketegangan otot”.

Slow But Sure:
Kalau di daerah saya di Kalimantan angin duduk disebut penyamak, kalau kena angin duduk segera cari daun sirsak, kalau yang muslim boleh baca Bismillah, al fatihah terus selawat, ditiupkan ke daunnya, kemudian disapukan atau digosokkan ke bagian yang sakit satu arah secara berulang, kalau daunnya hancur ganti dengan daun selanjutnya … Insya ALLAH sembuh ….

Mariwaras
__.
Sumber: grup Logika Filsafat tanggal 29 Oktober 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s