Cara Mandi Bagi Usia >50 Tahun

Catatan harian Dahlan Iskan, Cara Mandi Bagi Usia di atas 50 Tahun, Termasuk saya & Anda

Pertama:

  • Pada waktu masuk Kamar Mandi sebaiknya Pintu kamar mandi-nya tidak di-Kunci.
    Agar jika anda terjatuh or alami serangan jantung, stroke, segera mendapat pertolongan.
  • Kasih petunjuk bahwa Kamar Mandi sedang “DIPAKAI”.
  • Masuk ke Kamar Mandi tidak tergesa-gesa, tetap menjaga keseimbangan tubuh.

Kedua:

  • Tidak memakai Sendal Usang & Licin yang rawan terpeleset ketika masuk Kamar Mandi.
  • Jika lantai kamar mandi licin terkena air sabun, segera guyur lantai itu supaya tidak licin.

Ketiga:

  • Ketika melepas celana atau memakai celana setelah selesai mandi, hendaknya Berpegang pada dinding kamar mandi untuk menghindari kehilangan keseimbangan.

Keempat:

  • Jika mandinya harus duduk, Jangan gunakan Kursi Plastik. Karena kaki kursi plastik mudah slip sehingga bisa terjatuh.

Kelima:

  • Cara Mandi yang benar, harus berurutan dari bawah ke atas.
    Jangan terbalik dari atas ke bawah, karena rawan terkena serangan jantung dan stroke!
  • Pertama Siramlah bagian Telapak Kaki dahulu.
  • Kemudian berturut-turut siram bagian Betis, bagian Paha, bagian Perut, & bagian Pundak.
  • Setelah itu Berhenti sejenak sekitar 5 sampai 10 detik.
    Saat itu kita akan merasakan seperti uap atau angin keluar dari ubun-ubun, bahkan terasa merinding pada tubuh.
  • Setelah itu baru dilanjutkan mandi seperti biasa ….
    (Cara demikian diperkuat oleh Penelitian Dokter & Praktisi Chi kung).
  • Pola Mandi seperti itu baik bagi semua umur.
  • Terutama bagi orang yang mempunyai Penyakit:
    • “Diabetes,
      Hipertensi,
      Kolesterol,
      Migran“.

Keenam:

  • Jika mau Berenang, sebaiknya Jangan langsung Menyelam; tetapi lakukan juga tahapan seperti Pola Mandi di atas.

Ketujuh:

  • Kalau baru tiba dari bepergian jauh, kemudian setelah beristirahat sejenak mau Mandi;
  • Sebaiknya Tidak memakai Air Dingin, tetapi gunakan Air Hangat.
    Karena jika setelah selesai
    Mandi Air Dingin bisa kedinginan, dan napasnya menjadi tersengal-sengal.
  • Hal ini berisiko bagi Penderita Sakit Jantung.

Semoga bermanfaat. 🙏

Silakan diinfokan ke ortu – family – kerabat, juga bisa disimpan, berguna untuk usia 50 ke atas ….

._
@gWA, 15012021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s